Manajer Produk Instagram Mencoba Melakukan Hal yang Tidak Mungkin

Selamat datang di dunia media sosial yang gila. Anda tahu, segmen pasar di mana suatu hari tidak ada apa-apa dan kemudian hari berikutnya ada perusahaan baru yang bernilai miliaran. Kisah Instagram seperti ini. Hub media sosial berbagi foto ini muncul entah dari mana dan akhirnya dibeli oleh Facebook seharga US$1 miliar. Sekarang sampai pada bagian yang sulit: bagaimana manajer produk Instagram mengubah banyak hal sehingga Instagram dapat mulai menghasilkan uang… ?

Dunia Instagram Saat Ini

Instagram adalah “aplikasi” yang berjalan link bio di perangkat seluler Apple dan Android. Perusahaan telah mengidentifikasi pernyataan misinya sebagai “… untuk menangkap dan berbagi momen dunia…” Ini dilakukan dengan memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dengan kamera ponsel mereka dan kemudian membagikannya secara online.

Ketika Facebook membeli Instagram seharga US$1 miliar, mereka melakukannya untuk satu tujuan: membantu Facebook berekspansi ke segmen pasar seluler. Facebook sedang berjuang untuk menangkap bagian dari pasar yang terus berkembang ini.

Instagram memiliki basis pengguna aktif sekitar 150 juta pengguna yang semuanya menikmati desain aplikasi yang keren dan bersih yang memungkinkan mereka berbagi foto dengan mudah. Setiap perubahan pada ini dapat dengan cepat menyebabkan pengguna pergi dan mencari aplikasi lain untuk digunakan untuk kebutuhan berbagi foto mereka – ingat apa yang terjadi dengan MySpace?

Apa yang Dapat Dilakukan Manajer Produk Instagram

Manajer produk Instagram memiliki tantangan nyata di depan mereka. Kunci kesuksesan mereka adalah memikirkan kembali definisi pengembangan produk mereka dan menemukan cara untuk menambahkan iklan ke aplikasi mereka dengan cara yang tidak membuat marah atau mengecewakan basis pengguna mereka saat ini. Langkah pertama yang dilakukan manajer produk adalah membuat katalog semua pemasar merek yang saat ini menggunakan Instagram secara gratis. Ini adalah upaya yang baik dan mereka mungkin dapat menambahkannya ke resume manajer produk mereka.

Manajer produk sekarang duduk bersama perusahaan-perusahaan itu untuk melihat bagaimana mereka dapat membuat iklan di Instagram menjadi lebih berharga bagi mereka. Tantangan yang mereka hadapi adalah jika iklan di aplikasi menjadi terlalu “menghadapi Anda”, maka mereka berisiko menjauhkan basis pelanggan mereka.

Apa yang masih hilang dari tas trik manajer produk adalah alat kuantitatif yang mereka perlukan untuk membuat penjualan ruang iklan berhasil. Alat-alat ini akan memungkinkan pengiklan untuk menentukan jangkauan dan kemanjuran upaya periklanan Instagram mereka. Tujuan jangka panjangnya adalah menjaga hal-hal sederhana bagi pengguna akhir. Jika mereka membuat segalanya terlalu rumit, maka produk mereka tidak akan berhasil.

Apa Arti Semua Ini Bagi Anda

Tidak ada keraguan tentang itu: Instagram adalah layanan media sosial yang sangat populer. Namun, mereka memiliki masalah besar: saat ini mereka tidak memiliki cara untuk menghasilkan uang. Facebook tidak menghabiskan $1 miliar dolar untuk membeli Instagram hanya karena mereka menyukai tampilannya. Mereka ingin itu menghasilkan uang. Perubahan perlu terjadi.

Manajer produk Instagram memiliki keseimbangan rumit yang harus mereka capai yang tidak pernah dibahas dalam deskripsi pekerjaan manajer produk mereka. Di satu sisi mereka harus menjaga desain Instagram yang bersih yang telah menarik 150 juta pengguna. Di sisi lain, mereka harus mulai menambahkan iklan agar perusahaan dapat menghasilkan uang. Salah satu tantangan terbesar adalah banyak perusahaan menggunakan Instagram secara gratis untuk mempromosikan produk mereka.